Minggu, 14 Juni 2009

" ALLURE "

" ALLURE "

Pernah dengar kata ini : " allure " ...? kata yang berasal dari bahasa Perancis dan kemudian di adaptasi kedalam bahasa Inggris ini memang mempunyai arti yang sangat erat kaitannya dengan keindahan, fashion dan style. Oleh sebab itu saya ingin memulai tulisan saya dengan berbincang-bincang tentang "ALLURE"..

Ini bukan promosi merek parfum terkenal keluaran Channel, tapi bila kita menghubungkan kata " allure " dengan Parfum tersebut maka indera penciuman kita yang aktif akan mempengaruhi indera-indera lainnya, sehingga akan terbersit di alam pikiran kita bayangan seorang perempuan dengan pembawaan yang penuh percaya diri namum tetap mencerminkan kelembutan, gaya busana yang elegan dan sesuai dengan kepribadian sehingga menampilkan sosok yang mempesona.

Apa yang terbersit di benak anda kala mendengar kata " allure " ini...?

Saya ingin anda berbagi dengan saya mengenai " allure " yang bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti : Pesona.

Pasti akan banyak pendapat-pendapat yang berbeda dari saya sehingga saya bisa menggali sesuatu dari anda juga... dan semoga pada akhirnya kita bisa membantu para pembaca lain yang memerlukan bahan acuan untuk membentuk penampilan yang lebih mempesona.


Who is first ?.... be my guest and feel free...
Ada suatu masa dimana saya menjadi pengikut mode busana yang paling patuh, apapun busana yang saat itu menjadi trend, saya mengenakannya. Menjadi “ korban mode “ itulah julukan yang saya dapatkan dari teman-teman. Saya tidak sendiri tentunya. Biasanya para “ korban mode “ menyalahkan mal-mal yang melakukan diskon dari waktu ke waktu, sehingga kami tidak bisa menahan diri untuk menghabiskan hasil kerja keras kami di tempat kerja, demi sebuah sepatu dengan hak platform atau stiletto yang sangat seksi. Kami juga tidak tahan melihat baju cantik dengan label disainer terkenal, yang seakan melambai pada kami untuk dimiliki.

Akibatnya kami tidak mempunyai “ gaya “ yang menjadi ciri khas diri kami, selain itu busana yang sedang “ in ‘ tersebut kadangkala tidak nyaman dikenakan sehingga tampak kurang “ pas “ dan mengurangi rasa percaya diri dalam penampilan kami.

Saya ingat ada seorang aktor internasional yang menjadi pujaan para wanita diseluruh dunia, Matthew McConaughey, mengatakan bahwa wanita idamannya adalah wanita yang merasa “ nyaman “ dengan dirinya dan percaya diri dalam penampilannya. Menurut Matthew wanita seperti ini adalah wanita yang “ sexy “ dan mempesona.

Jadi bila anda ingin menjadi wanita idaman pria setampan Matthew McConaughey, ada baiknya anda mulai memberikan perhatian pada diri dan penampilan anda

Saya seringkali mengunjungi toko-toko pakaian di mal-mal, untuk memperhatikan mode pakaian yang di tawarkan disana saat itu. Saya melihat disain mana yang saya sukai dan disain mana yang pas untuk saya kenakan. Sayangnya tidak selalu yang saya sukai pas untuk saya kenakan. Memilih disain busana yang pas untuk kita merupakan sesuatu yang menyenangkan sekaligus merupakan tantangan. Bila menemukan busana yang “ mendukung “ penampilan kita, karena busana tersebut mampu menonjolkan kelebihan yang kita miliki dan menyamarkan kekurangan kita, maka berarti kita telah menemukan busana yang pas bagi kita

Biasanya kita akan menemukan busana yang sesuai dengan kepribadian kita, bila dari sekian banyak mode pakain, pilihan kita akan selalu jatuh pada mode yang hampir sama atau mirip antara satu dengan lainnya. Misalnya saya menyukai rok mini dan maxi, warna hitam, putih dan warna-warna batu alam seperti amber dan turquoise, celana panjang dan blazer serta busana yang berkesan sportif. Jenis pakaian ini sesuai dengan kepribadian saya yang berjiwa bebas. Walaupun saya harus tampil formal dari waktu ke waktu karena pekerjaan saya, tetapi saya selalu memberikan sentuhan Bohemian dalam penampilan saya misalnya dengan " bold " accessories dari batu-batu alam atau syal yang dipadukan dengan blazer yang saya kenakan. Saya banyak memiliki koleksi syal dan akesoris bergaya Etnik, rok mini dan maxi, blazer dan celana panjang, serta polo shirt dan kemeja sportif yang sebagian berwarna hitam, putih, amber dan turquoise.

Banyak membaca majalah mode dan rubrik mode di Koran-koran juga bisa membantu “ mengasah “ kemampuan kita untuk memilih busana yang pas dan sesuai dengan kepribadian kita.

Dengan mengenakan busana yang tidak saja mendukung penampilan kita tetapi juga sesuai dengan kepribadian, membuat kita lebih percaya diri, karena kita merasa “ nyaman “ saat mengenakan busana itu dan menyadari sepenuhnya bahwa kita tampil lebih mempesona.

Sebaiknya memang kita sendirilah yang harus menentukan bagaimana kita harus berbusana. Seringkali kita meminta pendapat teman dalam menentukan busana yang akan kita kenakan. Teman-teman selalu ingin menyenangkan kita atau enggan menyakiti perasaan kita, sehingga mereka akan selalu memberikan komentar positif terhadap penampilan kita, walaupun hal ini seringkali lebih merugikan daripada menguntungkan kita. Bila ingin mendapatkan tips dalam berbusana sebaiknya kita memakai jasa “ Fashion Stylist “ yang lebih objektif dalam memberikan penilain terhadad cara kita berbusana.

Kadangkali anda harus merubah kebiasaan berbusana, karena perubahan dalam gaya hidup atau “ life style “, misalnya berganti jenis pekerjaan, atau karena anda menikah dengan petinggi di sebuah perusahaan, sehingga lebih sering menjadi “ sorotan “ umum dan panutan bagi bawahan suami, bertambah usia, mengerjakan usaha sendiri dimana sebelumnya anda adalah pejabat teras di sebuah perusahaan besar dan lain sebagainya. Tentunya kita harus selalu siap untuk menyesuaikan penampilan kita sesuai dengan gaya hidup yang baru.

Perubahan yang terjadi dalam gaya hidup sejalan dengan tahap-tahap dalam kehidupan seseorang yang mana akan merubah gaya busana dan penampilannya. Jadi gaya berbusana akan berevolusi, tidak baku, karena adanya perubahan dalam kehidupan seseorang dari waktu ke waktu.

Misalnya saja anda yang selalu berpakaian dengan gaya santai yang “ chic “ (preppy chic), setelah anda dipromosikan menjadi eksekutif di perusahaan, anda mampu membeli busana mahal dengan disain klasik sehingga pada akhirnya anda akan lebih merasa nyaman dalam busana bergaya “ Classic “ daripada berbusana dengan gaya “ preppy chic “.

Atau kala anda menikah dengan seorang seniman berjiwa bebas, dimana orang yang anda cintai ini mempengaruhi kepribadian anda sehingga anda lebih menyukai gaya busana Bohemian daripada gaya yang lain dan seterusnya.

Kita sering terpesona dengan penampilan para model di lantai “ catwalk “ pada acara peragaan busana. Tapi penampilan mereka hanyalah " rekayasa " dari para disainer untuk membuat penampilan para model sebagus mungkin tentunya untuk tujuan promosi dan bisnis. Sehingga kebanyakan gaya busana yang di tampilkan disana tidak dapat dikenakan dalam kehidupan sehari-hari Tetapi kita bisa menjadikannya sebagai panduan dalam berbusana, misalnya kita bisa melihat trend warna dan make-up yang akan datang, disain yang akan merajai dunia mode, apakah kembali ke rok mini atau busana dengan sentuhan glamour, sportif atau gaya busana yang akan lebih menonjolkan kewanitaan atau lebih maskulin dan lain sebagainya. Kita bisa memperhatikan dan mempelajari karakteristik style atau ciri khas dari disainer tertentu misalnya Channel yang anggun, Donatella Versace yang seksi, Lacroix yang semarak dengan warna dan sebagainya, guna diterapkan dalam cara kita berbusana,

Setiap perubahan dalam tahap kehidupan kita memang sebaiknya kita nikmati sehingga kita akan selalu bersemangat dalam menjalaninya. Berbusana yang sesuai dengan kepribadian kita merupakan salah satu cara untuk membuat kita selalu bersemangat dalam menghadapi kesibukan sehari-hari. Saya akan merasa lebih bersemangat dan bergairah, bila saya tahu saya tampil mempesona disetiap kesempatan.

Menjadi diri sendiri dan tampil dengan penuh percaya diri adalah inti dari penampilan yang mempesona. Tampil dengan busana yang “ fashionable “ memang baik, tapi hal ini seharusnya dilihat sebagai pelengkap atau pemanis saja, sehingga kita tidak menjadi “ korban “ dari fashion itu sendiri.

Silakan bereksperimen dengan penampilan anda, dapatkan gaya busana yang merupakan “ Style “ atau ciri khas anda dan tampillah dengan mempesona.






2 komentar:

  1. Thanks for sharing.. Ingin tahu hal-hal penting apa saja yang harus diperhatikan dalam proses pembuatan desain baju?. Anda bisa mendownload E-book mendesain dari Fitinline.

    BalasHapus
  2. Thank you untuk komentarnya....;)

    BalasHapus